Kalian Sudah Tau Tidak Kalau Cimol Rainbow Kini Sudah Ada Rasa Baru


                                                     

    Cimol adalah makanan ringan yang dibuat dari tepung kanji. Cimol berasal dari kata, yang artinya tepung kanji dan tepung terigu, yang dibuat dalam bentuk bulat-bulat. Cimol ini biasanya dijual di pinggir jalan. Cara pembuatannya, adonan tepung kanji dibuat bulat-bulat, kemudian digoreng. Biasanya cimol dimakan dengan menggunakan bumbu-bumbu sebagai tamabahan rasa.

    Cimol biasanya dikenal sebagai jajanan khas dari bandung, jawa barat. Cimol punya rasa yang lezat dan sulit untuk dilupakan. Terbuat dari tepung kanji, tepung terigu, lalu dibentuk bulat kemudian digoreng hingga crispy. Rasanya gurih dan sedikit kenal. Cimol bisa disajikan dengan dua rasa yaitu manis dan pedas, pedas tambahan taburan bubuk  yaitu chili, balado, jagung, seblak. Sedangkan yang manis yaitu ada keju, coklat, dan matcha.

    Cimol sebenernya adalah makanan sederhana yang bisa dibuat oleh siapa pun. Namun ada salah satu  kendalanya yaitu tak sedikit orang sanggup menggorengnya, karena menggoreng cimol itu tidaklah mudah harus berhati-hati, jika tidak cimol  akan meletus dan melompat. Alhasil banyak orang yang terluka karena cipratan minyak.

    Usut punya usut, membuat cimol  itu ternyata ada trik khusus untuk mengoreng supaya tidak meletus-letus. Cara yaitu setelah membuat adonan menjadi bulat, jangan langsung di goreng diminyak panas. Pertama-tama hal yang harus dilakukan adalah rendam dulu cimol di minyak  dingin selama beberapa waktu. Kemudian baru nyalakan api dan goreng hingga matang. Jadi tidak masalah lagi deh dengan yang namanya terkena minyak panas.

 

Cara membuat cimol

Bahan:

-        -  250 gram tepung terigu

-        -    120 gram tepung kanji

-        -   2 bawang putih halus

-         -  3 sdm gula pasir untuk menggantikan rasa asin dengan manis

-         - 400 ml air mendidih

-        -  Daun bawang secukupnya

-        -  Garam dan kaldu bubuk penyedap rasa

-        -  Minyak goreng

 

Cara membuat :

1.      1.  Campur terigu, bawang putih halus, garam, penyedap rasa, tambahan gula pasir untuk cimol rasa manis dan air mendidih. Aduk hingga merata dan di diamkan sampai dingin.

2.      2 . Ulenin adonan hingga merata. Masukan irisan daun bawang dan tepung kanji sedikit demi sedikit.

3.      3.  Bentuk bulat-bulat lalu rendamkan diminyak dingin supaya tidak melutus-letus saat digoreng.

4.     4,   Nyalakan api dan goreng sampai mengapung.

5.     5.   Taburi dengan toping varian rasa.

     sumber referensi : https://m.brilio.net/brilicious/masak-yuk/10-resep-dan-cara-membuat-cimol-ala-rumahan-enak-dan-mudah-2009176.html