Cimol yaitu jajanan khas dari Bandung, berupa aci yang digoreng bulat-bulat kecil dan rasanya kenyal dan renyah.

Dalam bahasa Sunda, kata Cimol berarti aci digemol, maksudnya yaitu adonan cimol yang terbuat dari bahan aci atau tepung kanji yang digemol menjadi bulat-bulat kecil lalu digoreng hingga matang dan kering.

Keunikan nya dalam penyajiannya, Cimol biasanya dimakan dengan tambahan taburan bumbu dengan berbagai varian rasa. Seperti rasa jagung, rumput laut, balado, dan Chili.


Asal-usul Cimol berasal dari Tasikmalaya, Jawa barat, Indonesia.

Sejak tahun 2001, olahan cimol berkembang di Bandung. Kemudian menjadi populer dan digemari oleh banyak orang di Bandung dan sekitarnya.

Karena semakin banyak yang menjual cimol diberbagai daerah dan sudut kota Bandung. Akhirnya cimol dianggap sebagai jajanan khas Bandung.


. Keunikan Cimol

Cimol sudah dijual diberbagai tempat, cimol telah menjadi jajanan pinggir yang biasa diberbagai tempat. Cimol biasanya enak dinikmati ketika masih hangat dengan bumbu sambal kering seperti barbeque, balado, Chili, keju dan jagung. Keunikan lainnya yaitu rasanya yang gurih, renyah, dan enak membuat banyak orang yang suka dan ketagihan membelinya.Harganya juga terjangkau membuat cimol banyak digemari dan dikomsumsi sebagai cemilan.